Jakarta, Indonesia
(021) 2297 5383
info@azecotama.com

Kompetensi Analis Kredit

Kompetensi Analis Kredit

Kompetensi Analis Kredit

Sertifikasi kompetensi di bidang kredit perbankan dimaksudkan untuk memastikan, memelihara, memberikan jaminan bahwa pemegang sertifikat kompetensi menguasai kompetensi tertentu sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) bidang kredit perbankan/bank credit, dan telah memenuhi kompetensi yang dipersyaratkan untuk jabatan (occupation), dan jenjang kualifikasi tertentu sesuai dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) pada bidang kredit perbankan sehingga mereka memperoleh pengakuan dari pengguna/industri dalam meniti karir dan jenjang jabatannya.

Peta SKKNI Golongan Perbankan Konvensional Dan Perbankan Syariah, Kelompok Kredit Perbankan diperoleh melalui proses analisis fungsi kerja. Proses analisis fungsi kerja dilakukan melalui 4 (empat) gradasi analisis fungsi kerja yaitu:

  • Tujuan utama (main porpuse) yang ingin dicapai
  • Fungsi kunci (key function) apa saja yang harus dilakukan agar tujuan utama dapat tercapai
  • Fungsi utama (main function) apa saja yang harus dilakukan agar masin-masing fungsi kunci dapat tercapai dan
  • Fungsi dasar (basic function) apa saja yang harus dilakukan agar masing-masing fungsi utama dapat tercapai.

Pelaksanaan bidang kredit perbankan dalam suatu bank umum, dilakukan sesuai dengan model institusi yang digunakan oleh bank dimaksud. Pengorganisasian pelaksanaan bidang kredit perbankan dalam institusi bank umum dimaksud, menuntut adanya jabatan-jabatan kerja bagi orang/personil yang terlibat di dalamnya. Jabatan kerja pada bidang kredit perbankan, terumuskan dengan sebutan, jenjang dan tuntutan kemampuan yang harus dimilikinya. Jabatan kerja dalambidang kredit perbankan selanjutnya dibakukan dalam Kualifikasi Jabatan Kerja Kredit Perbankan yang terdiri dari:
1) Credit Officer
2) Senior Credit Officer
3) Credit Policy

Masing-masing kualifikasi jabatan kerja memiliki jumlah dan komposisi unit kompetensi sesuai dengan tingkat kesulitan, wewenang dan tanggung jawab serta ruang lingkup pekerjaan dalam organisasi pelaksana kredit perbankan. Rincian jumlah dan komposisi unit-unit kompetensi pada masing-masing kualifikasi jabatan kerja kredit perbankan, tertuang dalam tabel sebagai berikut:

  1. Pengelola Kredit Yunior
1.1. Predikat kualifikasi : Credit Officer
1.2. Jabatan yang dapat diemban : Credit Analyst
Account Officer
1.3. Jenjang kualifikasi KKNI : VI

 

2. Pengelola Kredit Senior

2.1. Predikat kualifikasi : Senior Credit Officer
2.2. Jabatan yang dapat diemban : a. Kepala Satuan Kerja Kredit
b. Kepala Unit Kerja Kredit
2.3. Jenjang kualifikasi KKNI : VII

 

3. Pengelola Kredit Eksekutif

3.1. Predikat kualifikasi : Credit Policy
3.2. Jabatan yang dapat diemban : Staf Kebijakan Kredit
3.3. Jenjang kualifikasi KKNI : VII

 

Dalam hal ini TrainingPerbankan.com dengan bendera PT Azecotama bekerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi Perbankan (LSPP) dalam menyelenggarakan sesmen kompetensi di bidang kredit perbankan/Bank Credit mengacu kepada SKKNI bidang Kredit Perbankan yang mencakup 3 aspek utama yaitu: Pengetahuan (knowladge), Keterampilan (skill), dan sikap (attitude). Pemaketan dan pemetaan kompetensi di bidang kredit perbankan ditetapkan dalam skema sertifikasikompetensi/profesi sesuai dengan masing-masing jenjang kualifikasi jabatan kerja. Jenjang KKNI dan metode asesmen, bisa dilihat pada gambar di bawah ini:

 

Anda memrlukan Pelayihan/Training Kompetensi Analis Kredit yang bersertifikasi dari LSPP ?
Kami Siap Membantu Anda!

AZECOTAMA Consultant & Services
Ruko Taman Hijau Baru No. 7
Jl. Bukit Hijau I – Pondok Indah Jakarta Selatan 12310
Telp : 021-2297 5383
Contact Person HP/WA: 0812-1063-6535 (Fitri)
E-Mail : info@azecotama.com

 

by: admin – 5 – 999 – 2018